Efektivitas Model Pembelajaran


Efektif adalah adanya efek yang dapat membawa hasil atau dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Menciptakan kondisi belajar yang efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai (Slameto, 2010).
Menurut Fitriani (2011:6) efektivitas pembelajaran adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar.
Sedangkan menurut Nuraeni (2010) model pembelajaran dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila secara statistik hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran (ditunjukkan dengan gain yang signifikan).
Eggen dan Kunchan (2015) mengemukakan bahwa efektivitas pembelajaran ditandai dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam pengorganisasian dan penemuan informasi. Oleh karena itu, semakin aktif siswa dalam pembelajaran maka semakin efektif pula pembelajaran yang dilaksanakan.
Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dikatakan efektif jika kegiatan belajar mengajar yang berlangsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain hasil belajar mengajar siswa, efektivitas model pembelajaran dapat dilihat juga dengan ketuntasan belajar individu maupun klasikal, aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar mengajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Design Experiment (Penelitian Eksperimen)

Model Pembelajaran Assure

Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes