Efektivitas Model Pembelajaran
Efektif adalah adanya efek yang dapat membawa hasil
atau dapat diartikan sebagai pengukuran keberhasilan dalam pencapaian tujuan
pembelajaran yang sudah ditetapkan sebelumnya. Menciptakan kondisi belajar yang
efektif dapat membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan yang diharapkan
sesuai dengan tujuan instruksional yang ingin dicapai (Slameto, 2010).
Menurut Fitriani (2011:6) efektivitas pembelajaran
adalah hasil guna yang diperoleh setelah pelaksanaan proses belajar mengajar.
Sedangkan menurut Nuraeni (2010) model pembelajaran
dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila secara statistik
hasil belajar siswa menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal
dengan pemahaman setelah pembelajaran (ditunjukkan dengan gain yang
signifikan).
Eggen dan Kunchan (2015) mengemukakan bahwa efektivitas
pembelajaran ditandai dengan keaktifan siswa dalam pembelajaran, khususnya
dalam pengorganisasian dan penemuan informasi. Oleh karena itu, semakin aktif
siswa dalam pembelajaran maka semakin efektif pula pembelajaran yang
dilaksanakan.
Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat disimpulkan
bahwa model pembelajaran dikatakan efektif jika kegiatan belajar mengajar yang
berlangsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan dan sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Selain hasil belajar mengajar
siswa, efektivitas model pembelajaran dapat dilihat juga dengan ketuntasan
belajar individu maupun klasikal, aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar
siswa terhadap model pembelajaran yang diterapkan dalam proses belajar
mengajar.
Komentar
Posting Komentar