Pengertian Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes


1.      Pengertian Pengukuran
  • Menurut Arikanto (2012) menyatakan bahwa pengukuran adalah membangdingkan sesuatu dengan satu ukuran. Pengukuran bersifat kuantitatif.
  • Menurut Reynolds, et al (2010 : 3) mendifinisikan pengukuran sebagai sekumpulan aturan untuk menetapkan suatu bilangan yang mewakili objek, sifat atau karakteristik, atribut atau tingkah laku.
2.      Pengertian Evaluasi
  • Menurut Cronbach daan Stufflebeam (Arikunto : 2012) menyatakan bahwa proses evaluasi bukan sekedar mengukur sejauh mana tujuan tercapai, tetapi digunakan untuk membuat keputusan. 
  • Menurut Kusaeri dan Suprananto (2012) mengatakan bahwa evaluasi dipandang sebagai tindakan untuk menetapkan keberhasilan suatu tindakan program pendidikan termasuk keberhasilan siswa dalam program pendidikan yang diikuti.
3.      Pengertian Assesment
  • Menurut Gronlund dan Linn (Kusaeri & Suprananto : 2012) mendifinisikan penilaian sebagai suatu proses yang sistematis dan mencakup kegiatan mengumpulkan, menganalisis serta menginteprestasikan informasi untuk seberapa jauh seorang siswa atau sekelompok siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan, baik aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan. 
4.      Pengertian Tes
  • Menurut Arikunto (2012) menyatakan bahwa tes adalah merupakan alat bantu atau prosedur yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana, dengan cara dan aturan-aturan yang sudah ditentukan. 
  • Menurut Kusaeri & Suprananto (2012) tes atau pengujian adalah suatu prosedur sistematis yang dilakukan berdasarkan tujuan dan tata cara yang jelas. Tes dapat pula dipandang sebagai prosedur yang akan dikenai nilai kuantitatif. Dua jenis tes yang biasa digunakan dalam dunia pendidikan adalah tes kemampuan maksimal (Maximum Perfomance Test) dan jawaban tipikal yaitu tes kecepatan (Speed Test) dan tes kemampuan (Power Test).

Berdasarkan pendapat para ahli di atas saya dapat menarik kesimpulan atau membuat rangkuman tentang ppengertian pengukuran, evaluasi, assesment dan tes yaitu seperti berikut:
  • Pengukuran adalah suatu tindakan yang bertujuan untuk membandingkan sesuatu dengan satu ukuran dan menetapkan suatu nilai yang mewakilinya. 
  • Evaluasi adalah suatu proses yang bertujuan untuk mengetahui apakah seorang peserta didik sudah mencapai tujuan pembelajaran atau sudah berhasil dalam suatu materi. Evaluasi juga berguna bagi pendidik sebagai acuan untuk mengambil keputusan. 
  • Assesment atau penilaian merupakan proses sistematis yang mencakup beberapa tahap mulai dari pengumpulan, menganalisis dan menetapkan hasil akhir guna mengetahui apakah peserta didik sudah mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 
  • Tes adalah suatu proses yang digunakan untuk mengukur sesuatu yang bersifat kuantitatif dengan cara dan aturan yang sudah ditentukan baik dalam tes kemampuan maksimal, tes kecepatan berfikir atau bertindak dan tes kemampuan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Design Experiment (Penelitian Eksperimen)

Model Pembelajaran Assure

Fungsi dan Tujuan Pengukuran, Evaluasi, Assesment dan Tes